Loading
Selamat Datang di Waroeng PakDe Download File's

Sekapur Sirih

Mohon beri Masukan, Saran, dan Kritikan mengenai isi kontens posting Blogspot ini, dan kalau diperlukan diharapkan kerjasama Anda dalam mengisi kontens posting Blogspot ini.
Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya
Admin - waroengpakde

Kamis, Juni 16, 2011

Perbandingan Performa Antivirus Terbaik Tahun 2011

Banyaknya antivirus yang ada membuat kita bingung dalam menjatuhkan pilihan. Karena dalam memilih antivirus, banyak cara yang harus kita lakukanseperti membandingkan performa dari masing-masing antivirus. Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan memaparkan perbandingan performa dari sekian banyak antivirus yang umum digunakan berdasarkan 8 segi pengujian yaitu, Penggunaan Memory, Waktu Reboot, Ukuran Instalasi, Kecepatan Scan Awal, Kecepatan Scan Berikutnya, Waktu Awal Menjalankan Aplikasi, Waktu Menjalankan Aplikasi Berikutnya, dan Waktu Konversi File.

Dalam pengujian yang dilakukan pada tahun 2011 ini, diambil beberapa antivirus yang paling populer yang paling umum digunakan hampir di seluruh dunia yaitu Avast! AntiVirus Pro 6.0, AVG AntiVirus 2011, Avira AntiVir Premium 10.0, BitDefender AntiVirus Pro 2011, eScan AntiVirus 11.0, ESET NOD32 AntiVirus 4.2, F-Secure AntiVirus 2011, G Data AntiVirus 2011, Kaspersky AntiVirus 2011, McAfee AntiVirus Plus 2011, Norton AntiVirus 2011, Panda AntiVirus Pro 2011, Spyware Doctor with AntiVirus 2011, Trend Titanium AntiVirus+ 2011, dan Webroot AntiVirus w/Spy Sweeper 2011.

1. Penggunaan Memory
Penggunaan Memory merupakan salah satu point penting yang perlu diperhatikan dalam memilih suatu antivirus. Semakin besar memory yang dibutuhkan, maka semakin besar pula spesifikasi komputer yang dibutuhkan agar aplikasi antivirus dapat bekerja dengan baik. Apabila spesifikasi komputer rendah, sebaiknya jangan gunakan antivirus yang penggunaan memory-nya tinggi sebab sudah pasti komputer akan berjalan agak lambat. Dari hasil pengujian, menunjukan bahwa Avast! Antivirus Pro 6.0 menggunakan memory yang paling sedikit yaitu sekitar 6.6 Megabytes (Mb).

2. Lamanya Waktu Reboot
Selain penggunaan Memory, lamanya waktu reboot yang dilakkan oleh sebuah aplikasi antivirus juga merupakan point penting yang perlu diperhatikan dalam memilih antivirus. Semakin lama waktu yang dibutuhkan, tentu saja akan mengakibatkan komputer semakin lama dalam melakukan booting. Dari hasil pengujian, menunjukan bahwa Trend Titanium Antivirus+ 2011 menggunakan waktu yang sedikit dalam melakukan reboot yaitu 8.1 detik (second).

3. Ukuran Instalasi
Selain penggunaan memory dan lamanya waktu reboot, ukuran instalasi juga merupakan point penting yang perlu diperhatikan dalam memilih antivirus. Semakin besar ukuran instalasi, semakin besar space yang dibutuhkan. Dan dari hasil pengujian, menunjukan bahwa Webroot Antivirus w/Spy Sweeper 2011 memiliki ukuran instalasi yang sedikit yaitu 247.6 MB. Sebagai tambahan, ESET NOD32 Antivirus Business menggunakan hanya sekitar 50 Megabytes (Mb). Memang dalam grafik tidak dicantumkan, karena yang digunakan dalam pengujian adalah ESET NOD32 versi standar. Pengujian ini dilakukan sesudah melakukan update database semua antivirus yang diteliti.

4. Kecepatan Scan Awal
Selain point-point sebelumnya, Kecepatan Scan Awal juga merupakan point penting yang perlu diperhatikan dalam memilih antivirus. Semakin cepat proses scan awal, maka semakin singkat waktu yang dibutuhkan. Dari pengujian yang dilakukan dengan 3000 files yang ditentukan termasuk didalamnya file sistem Window, file Multimedia, dan file-file lainnya yang bisanya ditemukan pada sebuah sistem komputer, menunjukan bahwa ESET NOD32 Antivirus yang paling cepat melakukan scan awal yaitu 63.2 Megabytes per detik (Mbps). Scan awal pada umumnya lebih lambat daripada Scan berikutnya karena proses scan awal dilakukan secara menyeluruh.

5. Kecepatan Scan Berikutnya
Selain point-point sebelumnya, Kecepatan Scan berikutnya juga merupakan point penting yang perlu diperhatikan dalam memilih antivirus. Semakin cepat proses scan berikutnya maka semakin singkat waktu yang dibutuhkan dalam melakukan pemindaian atau pemeriksaan (scanning). Dari pengujian yang dilakukan dengan 3000 files yang ditentukan termasuk didalamnya file sistem Window, file Multimedia, dan file-file lainnya yang bisanya ditemukan pada sebuah sistem komputer, menunjukan bahwa G Data Antivirus 2011 melakukan scanning lebih cepat yaitu 426.7 Megabytes per detik (Mbps).

6. Waktu Awal Menjalankan Aplikasi
Waktu awal menjalankan aplikasi merupakan point yang termasuk paling penting untuk diperhatikan dalam memilih antivirus. Semakin singkat waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan apllikasi maka semakin baik. Dari hasil pengujian dengan menggunakan Mozilla Firefox tanpa add-ons dengan antivirus terpasang dan tanpa antivirus terpasang sebanyak 10 kali dengan melakukan reboot sebagai pemisah di setiap kali pengujian, menunjukan bahwa eScan Antivirus 11.0 memeriksa aplikasi hanya 0.100 detik (second) sebelum dijalankan.

7. Waktu Menjalankan Aplikasi Berikutnya
Waktu menjalankan aplikasi berikutnya merupakan point yang termasuk paling penting untuk diperhatikan dalam memilih antivirus. Semakin singkat waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan apllikasi maka semakin baik. Dari hasil pengujian dengan menggunakan Mozilla Firefox tanpa add-ons dengan antivirus terpasang dan tanpa antivirus terpasang sebanyak 10 kali dengan melakukan reboot sebagai pemisah di setiap kali pengujian, menunjukan bahwa Norton antivirus memeriksa aplikasi hanya 0.068 detik (second) sebelum dijalankan.

8. Waktu Konversi File
Waktu konversi file juga merupakan point yang termasuk paling penting untuk diperhatikan dalam memilih antivirus karena menggambarkan proses membaca dan menulis pada disk (r/w). Semakin singkat waktu yang dibutuhkan maka akan semakin baik. Dari hasil pengujian menggunakan file mp3 yang dikonversi ke berbagai format lainnya yaitu MP3 > WAV > MP3 > WMA > MP3, dengan antivirus terpasang dan tanpa antivirus terpasang, menunjukan Norton Antivirus 2011 menggunakan waktu yang singkat yaitu 0.19 detik (second).

Dari kedelapan point yang diuji diatas, para peneliti dari Antivirus Ware menarik hasil sebagai berikut. Dimana Norton Antivirus 2011 berada di peringkat pertama, dengan ESET NOD32 Antivirus di peringkat kedua, disusul Avira Antivir Premium 10.0 di peringkat ketiga dan seterusnya. Hasil pengujian ini tentunya berbeda dengan hasil review yang dilakukan dari Top Ten Reviews dengan memutuskan Bit Defender sebagai antivirus terbaik di Tahun 2011 ini.

Nah.... berdasarkan keterangan di atas, itu semua tergantung kepada Anda sendiri mana yang menurut kamu lebih baik itu yang digunakan dan ingat jangan terlalu banyak diinstal antivirus dalam satu komputer /laptop, akan membahayakan sistem komputer anda.

Semoga berhasil..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Opini Anda tentang Topik ini